Menemukan Inspirasi

Sebagai seorang pekerja seni, selain passion dan keinginan untuk terus belajar dan berkembang ada satu kunci lain yang harus dimiliki yaitu inspirasi dan motivasi yang selalu berjalan beriringan. Menemukan inspirasi memang bisa dari mana saja, dari membaca buku, menonton film, mengunjungi suatu tempat, mengamati sekitar, bahkan hanya dengan menggambar satu garis simpel pun anda bisa menemukan inspirasi disana. Tapi hal itu tentu saja tidak berlaku bagi semua orang termasuk saya dan anda yang membaca blog ini. Tiga tahun mendalami dunia seni rupa, sering kali saya dikunjungi oleh sesuatu hal yang tidak terlihat namun sangat membebani pikiran; yang tidak pasti darimana dan kapan datangnya dan sesuatu itu disebut ‘Artblock’ which I’m pretty sure most artist have felt this more than once in their life.

Ada pula kalanya dimana saya menemukan inspirasi yang terancang indah di kepala, tapi ketika menuangkannya ke atas kanvas, realitanya tidak sesuai dengan ekspektasi sebelumnya. This is exactly me all the time. If you feel like you can relate, then read till the end.

Ada beberapa saran untuk anda dan saya sendiri of how to stay inspired.

Tentukan Tujuan / Goal Anda

Ketika seseorang sudah memiliki tujuan dan menanamkannya dalam diri, seseorang akan rela malakukan dan mengorbankan banyak hal untuk menggapai mimpi nya. Jika anda ingin menjadi seniman hebat, Ketahui apa yang harus anda lakukan, apa yang anda butuhkan untuk menjadi seorang seniman hebat dan untuk siapa anda melakukannya dan komitmen lah dengan keputusan anda. Saya sendiri sedang melalui proses ini. Saya mengagumi banyak sekali seniman karena karya mereka. Saya belajar seni rupa secara otodidak dengan mengikuti proses di balik karya dari para seniman hebat itu. Bagaimana hingga mereka mempu mencapai puncak karier mereka. Saya mencari tahu dan mempelajari tehnik apa yang mereka gunakan, alat-alat seni mereka, dan menjadikannya sebagai referensi saya untuk berkarya.

Don’t rush, every big things takes time.

Be Authentic

Stay out of your comfort zone and learn about new things and techniques. Ada banyak sekali seniman yang terpaku dan kebingungan menemukan style seni nya. Seseorang merasa kurang puas dengan karyanya setelah melihat karya “magnificent” milik orang lain dan ingin menjadi seperti itu. Mengagumi karya seseorang untuk membuat anda merasa termotivasi adalah hal yang sangat baik dan bijak, tapi untuk menjadi seseorang atau memiliki sesuatu yang bukan berasal dari diri anda apalagi anda tidak tahu pasti berapa lama seniman tersebut dan apa yang dilaluinya untuk dapat menghasilkan sebuah karya yang luar biasa, tidak akan menjadikan anda seniman yang hebat, just be original and authenticAdmire an artwork to get inspired not to imitate.

Gunakan Pinterest, Behance, Youtube, dll

Saya seorang seniman otodidak yang sangat menikmati keindahan dan estetika dalam sebuah portrait, dengan kata lain saya bergelut di bidang seni rupa. Jadi sebenarnya tidak sulit bagi saya menemukan inspirasi untuk dituangkan ke atas media lukis saya. Pinterest adalah salah satu sumber inspirasi yang paling sering saya gunakan. I mostly draw beautiful girls dan Pinterest adalah gudangnya. Pinterest bisa jadi tempat yang sangat positif bila anda dengan bijak menggunakannya. Behance adalah tempat yang tepat jika anda ingin mencari inspirasi dengan melihat karya seniman lain. Ribuan designer dan  illustrator membagikan karya mereka di Behance. Dan di Youtube anda bisa menemukan begitu banyak video tips. Ada banyak platform dan situs lain untuk belajar seni, tapi tiga paltform ini adalah yang paling sering saya gunakan, free and effective.

Berkarya

Asahlah bakat seni anda setiap hari, luangkan waktu anda untuk memegang kuas, mempelajari warna, teknik, perspektif, anything about art. Tips kecil dari saya adalah belilah sebuah sketchbook, dan mulailah secara konsisten meluangkan waktu anda dan gambar apapun, just keep practising and be creative.Belilah sketchbookyang tidak terlalu besar yang bisa anda bawa kemana saja. Waktu atau tempat sama sekali tidak pernah membatasi seseorang untuk berkarya. 

Karya itu tidak harus sempurna, jangan takut membuat kesalahan, hal ini adalah salah satu hal yang cukup ditakuti para seniman terutama seniman tradisional. But you learn from your mistakes, dan ini berlaku bagi semua orang.

Semoga artikel ini berhasil menginspirasi anda, thank u for reading!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s